Langsung ke konten utama

Tafsir Al-Qur'an Tentang Kemiskinan




Tafsir Al-Qur'an Tentang Kemiskinan
Oleh: Agusmal

Di dalam al-Qur’an terdapat beberapa kata yang sepadan dengan makna miskin dalam bahasa indonesia, kata-kata yang sepadan dengan kata miskin diantaranya adalah al-masakin, al-fuqoroi, al-ba’sau, as-sail, al-‘ailah, adh-dhu’afau, al-mahrum, dan al-imlaq.
Kata المساكين (al-masakin) merupakan sighot muntahal jumu’ dari isim mufrod al-miskin yang artinya adalah orang yang faqir atau miskin. Sedangkan kata al-fuqoroi merupakan jamak taksir dari isim fail faqirun yang artinya orang yang faqir. Kata fakir mengikuti wazan “fa’ula-yaf’ulu-fu’lan”  yang bermakna iftaqoro (menjadi miskin). Kedua kata ini ditemukan di dalam firman Alloh SWT surat At-Taubah ayat 60:

اِنَّمَا الصَّدَقٰتُ لِلْفُقَرَاۤءِ وَالْمَسٰكِيْنِ وَالْعَامِلِيْنَ عَلَيْهَا وَالْمُؤَلَّفَةِ قُلُوْبُهُمْ وَفِى الرِّقَابِ وَالْغَارِمِيْنَ وَفِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ وَابْنِ السَّبِيْلِۗ فَرِيْضَةً مِّنَ اللّٰهِ ۗوَاللّٰهُ عَلِيْمٌ حَكِيْمٌ
"Sesungguhnya zakat itu hanyalah untuk orang-orang fakir, orang miskin, amil zakat, yang dilunakkan hatinya (mualaf), untuk (memerdekakan) hamba sahaya, untuk (membebaskan) orang yang berutang, untuk jalan Allah dan untuk orang yang sedang dalam perjalanan, sebagai kewajiban dari Allah. Allah Maha Mengetahui, Mahabijaksana."

Kata الفقراء dan المساكين diatas bermakna faqir dan miskin.
Begitu pula kata البأساء (al-ba’sau) merupakan isim jamak dari kata البؤس (al-bu’su) yang artinya kesengsaraan atau kemiskinan. Ar-raghib al-ashfahani menjelaskan bahwa kata al-bu’su, al-bais, dan al-ba’sau semuanya memiliki makna kesulitan dan sesuatu yang dibenci.[1] Hal ini sebagaimana firman Alloh SWT di dalam surat Al-Baqarah ayat 177, yaitu:
لَيْسَ الْبِرَّ أَنْ تُوَلُّوا وُجُوهَكُمْ قِبَلَ الْمَشْرِقِ وَالْمَغْرِبِ وَلَٰكِنَّ الْبِرَّ مَنْ آمَنَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ وَالْمَلَائِكَةِ وَالْكِتَابِ وَالنَّبِيِّينَ وَآتَى الْمَالَ عَلَىٰ حُبِّهِ ذَوِي الْقُرْبَىٰ وَالْيَتَامَىٰ وَالْمَسَاكِينَ وَابْنَ السَّبِيلِ وَالسَّائِلِينَ وَفِي الرِّقَابِ وَأَقَامَ الصَّلَاةَ وَآتَى الزَّكَاةَ وَالْمُوفُونَ بِعَهْدِهِمْ إِذَا عَاهَدُوا ۖ وَالصَّابِرِينَ فِي الْبَأْسَاءِ وَالضَّرَّاءِ وَحِينَ الْبَأْسِ ۗ أُولَٰئِكَ الَّذِينَ صَدَقُوا ۖ وَأُولَٰئِكَ هُمُ الْمُتَّقُونَ
"Bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan barat itu suatu kebajikan, akan tetapi sesungguhnya kebajikan itu ialah beriman kepada Allah, hari kemudian, malaikat-malaikat, kitab-kitab, nabi-nabi dan memberikan harta yang dicintainya kepada kerabatnya, anak-anak yatim, orang-orang miskin, musafir (yang memerlukan pertolongan) dan orang-orang yang meminta-minta; dan (memerdekakan) hamba sahaya, mendirikan shalat, dan menunaikan zakat; dan orang-orang yang menepati janjinya apabila ia berjanji, dan orang-orang yang sabar dalam kesempitan, penderitaan dan dalam peperangan. Mereka itulah orang-orang yang benar (imannya); dan mereka itulah orang-orang yang bertakwa."
Al-Imam Az-Zamakhsyari menafsiri kata البأساء (al-ba’sau) diatas dengan kata    الفقرو الشدة (al-faqru wa al-syiddatu) dimana و (wawu) adalah wawu tafsir yang artinya البأساء (al-ba’sau) bermakna orang yang ditimpa kefakiran dengan derajat sangat fakir. Sedangkan kata setelahnya yakni الضراء (ad-dhorrou) ditafsiri oleh Az-Zamakhsyari dengan المرض و الزمانة yang artinya struk atau lumpuh (penyakit struk).[2] Artinya, kemiskinan disini dapat dipahami sebagai akibat dari suatu bencana alam atau masa-masa perang hal ini dapat diketahui kata adanya kata الصابرين (ash-shobirrina) yang ada sebelumnya, dimana kata tersebut ditafsiri oleh Az-Zamakhsyari bahwa bersabar yang dimaksud adalah bersabar dari masa-masa yang sulit dan ditempat perang. Sedangkan kata الضراء (ad-dhorrou) mengindikasikan kepada kita bahwa kemiskinan dapat menimpa seseorang karena adanya penyakit yang dideritanya.
Sedangkan kata سائل merupakan isim fail dari kata سأل (saala) yang mengikuti wazan “fa’ala-yaf’alu-fu’aalan” yang artinya adalah orang yang meminta (peminta-minta), hal ini misalnya ditemukan dalam firman  surat Ad-dhuha ayat 10:

وَأَمَّا السَّائِلَ فَلَا تَنْهَرْ
"Dan terhadap orang yang minta-minta, janganlah kamu menghardiknya."
Kata السائل diatas bermakna orang miskin yang meminta-minta. Menurut Ar-Raghib al-Ashfahani, saala berarti menginginkan (meminta) sesuatu yaitu menginginkan atau meminta harta atau sesuatu yang menghasilkan harta.[3] Begitu pula kata ‘ailan ditemukan dalam surat ini (ad-dhuha) ayat 8, yaitu:
وَوَجَدَكَ عَائِلًا فَأَغْنَىٰ

"Dan Dia mendapatimu sebagai seorang yang kekurangan, lalu Dia memberikan kecukupan".

Al-Imam Az-Zamaksyari di dalam tafsir al-kasyaf menafsiri kata  عائل dengan فقيرا  yang merupakan sighot muballaghoh yang berarti orang yang sangat fakir.[4]
Kata ضعفاء merupakan isim jamak dari isim fail ضائف (dhoifun) merupakan isim shifah musyabah bi ismi al-fail yang memiliki makna orang yang lemah. Hal ini misalnya terdapat di dalam firman Alloh SWT dalam surat At-Taubah ayat 91, yaitu:
لَيْسَ عَلَى الضُّعَفَاءِ وَلَا عَلَى الْمَرْضَىٰ وَلَا عَلَى الَّذِينَ لَا يَجِدُونَ مَا يُنْفِقُونَ حَرَجٌ إِذَا نَصَحُوا لِلَّهِ وَرَسُولِهِ ۚ مَا عَلَى الْمُحْسِنِينَ مِنْ سَبِيلٍ ۚ وَاللَّهُ غَفُورٌ رَحِيمٌ
"Tiada dosa (lantaran tidak pergi berjihad) atas orang-orang yang lemah, orang-orang yang sakit dan atas orang-orang yang tidak memperoleh apa yang akan mereka nafkahkan, apabila mereka berlaku ikhlas kepada Allah dan Rasul-Nya. Tidak ada jalan sedikitpun untuk menyalahkan orang-orang yang berbuat baik. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang".
Kata الضعفاء diatas bermakna orang yang lemah. Kelemahan ini bisa jadi karena faktor badan atau usia, keadaan dirinya, maupun situasi yang berhubungan dengan masyarakat dan pemerintahan.
Kata المحروم (al-mahrum) merupakan isim fail dari kata حرم  yang mengikuti wazan “fa’ila-yaf’alu-fi’lan” yang berarti menderita kerugian.  Hal ini terdapat dalam firman Alloh SWT surat Al-Ma’arij ayat 25 yaitu:
للسائل والمحروم
Kata المحروم (al-mahrum) diatas bermakna orang yang tidak mempunyai apa-apa  namun ia tidak mau meminta minta. Hal ini berbeda dengan السائل (as sail) yang bermakna orang miskin yang meminta-minta.


[1] Ar-Raghib al-Ashfahani, Mufrodat Alfazh al-Qur’an. (Beirut, al-Dar al-Syamiyah, 1992) hlm. 153
[2] Al-Imam Az-Zamakhsyari, Tafsir al-Kasyaf Juz 1, (Riyadh, Maktabah al-‘Abikani, 1997),  hlm. 367
[3] Ar-Raghib al-Ashfahani, Mufrodat Alfazh al-Qur’an. (Beirut, al-Dar al-Syamiyah, 1992) hlm. 153
[4] Al-Imam Az-Zamakhsyari, Tafsir al-Kasyaf Juz 4, (Libanon,Dar al-Kutub al-Ilmiyah, 2009) hlm. 756

Komentar

Artikel Terbaik

CONTOH BACAAN PEMBUKA, PENUTUP & DOA KHUTBAH JUM"AT

CONTOH BACAAN PEMBUKA, PENUTUP & DOA KHUTBAH JUM"AT Oleh: Abdurrahman al-Munawy (Agusmal) Khutbah Pertama Membaca basmalah : BISMILLAAHIR RAHMAANIR RAHIIM (dibaca dalam hati) Mengucapkan salam : ASSALAAMU ‘ALAIKUM WA RAHMATULLAAHI WA BARAKAATUHU (lalu khotib duduk dan muadzin mengumandangkan azan. Setelah selesai adzan, khatib berdiri lagi dan langsung membaca hamdalah kalimat pujian (hamdalah), yaitu: INNAL HAMDA LILLAAH, NAHMADUHUU WA NASTA’IINUHUU WA NASTAGHFIRUHU WA NA’UUDZUBILLAAHI MIN SYURUURI ‘ANFUSINAA WA MIN SYAYYI-AATI A’MAALINAA MAN YAHDILLAAHU FALAA MUDHILLALAHU WA MAN YUDHLIL FALAA HAADIYALAHU Membaca syahadat : ASYHADU ANLAA ILAAHA ILLALLAH WAHDAHU LAA SYARIIKALAAHU WA ASYHADU ANNAA MUHAMMADAN ‘ABDUHUU WA RASUULUHUU LAA NABIYYA BA’DAHU Membaca shalawat : ALLAAHUMMA SHALLI ‘ALAA SYAYYIDINAA MUHAMMADIN WA ‘ALAA AALIHII WA SHAHBIHII ‘AJMA’IIN Membaca ayat alqur’an yang mengajak bertaqwa kepada allah, contoh: YA AYYUHAL

PERBEDAAN FILSAFAT, PENGETAHUAN DAN ILMU

1.         PENDAHULUAN 1.1     Latar Belakang Di dalam menjalani kehidupan manusia akan terus mencari tahu tentang hakikat hidupnya dan seluruh materi yang ada disekelilingnya. Dia akan terus berfikir mencari kebenaran (hakikat) hidupnya dan materi lain yang ada disekelilingnya. Seseorang tidak akan pernah berhenti untuk berfikir dan mencari tahu sebelum menemukan jawaban   dan memahami tentang diri dan lingkungannya. Setiap pemikiran manusia yang diberi kesimpulan akan melahirkan sebuah konsep atau ide. Setiap perkembangan dalam idea, konsep dan sebagainya dapat disebut sebagai aktivitas berpikir. Karena itu maka definisi yang paling umum dari berpikir adalah perkembangan idea dan konsep. Menurut madzhab komunisme, pemikiran adalah hasil dari refleksi (pemantulan) fakta terhadap otak. Artinya, pengetahuan mereka tentang fakta. Pemikiran itu terbentuk dari fakta, otak, dan proses refleksi fakta terhadap otak [1] . Menurut Syaikh Taqiyyudin an-Nabhani, pemikiran adalah

Sumber Hukum (Dalil) Dalam Islam : Muttafaq 'alayh dan Mukhtalaf fiih

Sumber Hukum (Dalil) Dalam Islam: Muttafaq 'Alay h dan Mukhtalaf Fiih Oleh : Agusmal Jika dalam penelitian yang menggunakan paradigma positivisme, sumber hukum (teori) diambil dari dalil aqli dengan cara melakukan penelitian dan percobaan yang sistematis maka dalam islam dalil yang digunakan tidak hanya dalil aqli saja tetapi juga dengan menggunakan dalil naqli yakni menggali teori dalil kalamullah . Dalil aqli dalam islam kadangkala digunakan untuk memahami makna dari dalil naqli. sebagai contohnya adalah penulisan ilmu tafsir yang sangat kental dengan kaidah-kaidah sastra dimana kaidah tersebut dapat dipahami dengan menggunakan dalil aqli. Dalil secara bahasa adalah yang menujukan terhadap sesuatu dan terkadang dimutlakan (dimaknai) dengan perkara yang di dalamnya terdapat dalalah (penunjukan)   dan irsyad (petunjuk). Inilah yang disebut sebagai dalil dalam pandangan para fuqoha (ulama ahli fiqih), dimana hal itu menunjukan bahwa dalil itu perkara yang dapat mengh